Tuesday, April 3, 2018

Sun Moon Lake Trip (Part 1)

Alhamdulillah dikasih rejeki sama Allah SWT untuk bisa jalan2 keluar kota Taipei. Sebetulnya ini jalan2 kluar Taipei part 2, part 1 nya itu ke Alishan Mountain. Tp yg itu ceritanya agak beda.

Jadi ceritanya ada liburan Spring Break gitu di Taiwan, mulai rabu sampe week end, dan ternyata kampus suami udah libur dari hari seninnya, hehehe... lumayan bisa curi start, jd bisa menikmati tempat wisata sebelum rame parah karena orang2 liburan.

Sebetulnya pengen ke Sun Moon Lake itu udah diplanning dari awaaaaaal banget brangkat ke Taiwan, gara2 suami pernah mengiming-imingi tempat2 cantik di Taiwan dan yg paling romantis itu di Sun Moon Lake 😊

Tidak ada akses 1 moda transport langsung ke Sun Moon Lake, harus ganti2 bis, jadi kebayang rempongnya kalo bawa anak2, koper, stroller, haduh ampun deh!

Kami berangkat dari Taipei naik HSR (High Speed Rail), turun di Taichung station, kereta cepat kalo kata anak saya, yes cepat karna kecepatan maxnya itu mendekati 300km/jam.

Harga tiket dewasa 700NT (300ribuan), anak2 6 tahun ke atas 350NT, Ahza sebetulnya blm kena charge tiket, tp karena males mangku, jadilah dibeliin tiket sendiri. Tiket HSR bisa dibooking via web resminya seperti kami atau beli langsung di vending machine di Taipei Main Station.

HSR ini jalannya muluuuus banget tanpa guncangan. Persis pesawat gitu deh, Kalo ga norak mah bawaannya udah tidur nyenyak di pojokan.  Berhubung duduk bareng bocils ya jangan harap deh bs tenang. Hebring ini itu tau2 udah sampe aja.
Jarak 170km jadi ga berasa, sejam nyampe, kebayang lah nikmatnya kalo jakarta-bandung ada beginian hehe...

Sampai Taichung, kami lanjut naik bus ke arah Sun Moon Lake, 1 kali aja ga pake ganti2. Tp sebelumnya kami mampir ke Visitor Center untuk tanya2 tentang objek wisata di sana nanti. Kami dapet tawaran pembelian kupon gitu, isinya beberapa kupon yg bisa dipakai utk akses tempat wisata, mulai dari naik bis ke arah danau, bis keliling danau, sewa sepeda keliling danau, naik boat, kupon diskon belanja di tempat wisata, tiket masuk ke theme park, sampe tiket naik gondola atau cable car. Pokoknya all in, harga tiket tergantung kebutuhan wisatawannya, bisa milih dan jauh dari percaloan ga jelas. Top deh! Kami beli kupon yg all in, karena rencana emang mau 3 hari 2 malam eksplorasinya. Harganya 1100NT diskon jadi 1000NT.

Dengan kupon diskon ini, kita bisa hemat mat mat banget dibanding beli tiket ngecer satu-satu. Dan yg pasti praktis banget.

Saya sendiri pernah beberapa kali travelling di negara sendiri kena calo2an menyesatkan gitu. Miris ya!

Balik ke cerita, jadi dr Taichung naik bis AC ke arah Sun Moon Lake, kami turun di Shuishe Visitor Center. Di sana bisa nanya2 lagi tanpa disesatkan.
Berhubung hotel yg kami book ada di sisi lain danau, jd kami ambil bis lagi ke arah hotel. Bis no 6669 keliling danau dari pagi sampe jam5 sore aja. Bebas mau keliling2 sepuasnya.

Hotel kami ada di Ita Thao, orang lokal nyebutnya Ita Sao, artinya "kami suku Tao". Tunun bis, jalan sebentar dah sampe deh di Crystal Inn. Kami book via Traveloka. Tetep ye, jauh2 pakenya aplikasi indonesia jg hehe...
Harga kamar per malam sekitar 2500NT (1.250jt) untuk Quadruple Room alias isi 4 orang. Sengaja booking yg bisa muat banyak karna saya inget banget kalo kecapekan dan ranjangnya empet2an itu ga nikmat jalan2nya hehehe...

Alhamdulillah hotelnya cakep... enggak zonk sodara2! Resepsionisnya ramah, deket banget ke dermaga, deket juga ke minimarket dan pasar malem, jadi perut insyaAllah aman. Oiya hotelnya jg menyajikan menu Vegan. Jadi rada tenang deh makannya. 😊
Sampe kamar, naro barang dan gegoleran bentar. Sorenya jalan2 ke pasar deket2 hotel. Hotel tsb ternyata anak dari Hotel Crystal Resort, versi bintang 5nya yg lokasinya lebih mefet ke danau jd dapet view dermaga dan danau cantiknya.

Malemnya jajan di Sevel, cari menu2 vegan, atau cari gorengan ubi dan kentang di pasar malem yg available for vegetarian, trus balik ke kamar, habis mandi anak2 langsung teler semua, bapak emaknya menyusul 😁

==================================

HARI-1


Jalan2 ini sponsored by suami yg dulu katanya pengen banget ngajakin akyu ke Sun Moon lake. Deseu udah duluan kesini pas perjalanan dinas dulu banget sm kantornya. Tp karna sendirian jd bawaannya kangen bini aja gitu, hahayyyy....
Nah alhamdulillah kan kesampean juga, meskipun udah ga bisa ala2 orang pacaran lagi, tp lebih ke babysitter jagain anak2 😄😄😄

Kami awali dengan sarapan pagi dengan menu vegan, lanjut putu2 bentar di dermaga, jalan kaki menuju ke cable car station alias kereta gantung yg jaraknya sekitar 15-20menit jalan santai dari hotel. Isi tas:
- Sunblock anak2
- Beberapa mainan
- Cemilan2
- Air putih
- Jaket, kali2 aja berangin dingin
- Tongsis teteup
- Topi dan sunglasses
- Baju cadangan anak2 dan popok

Banyak yeeee....emberrrr!

Karena kami udah beli kupon di awal, jd tinggal si kakak (4,5thn) aja yg bayar biaya tambahan totalnya 420NT (200ribuan) include tiket masuk theme park, karena sebetulnya cable car ini terintegrasi dgn lokasi wisata lain yaitu Formosan Aboriginal Culture Village (FACV). Di atas cable car kita bisa liat view danau dgn MasyaAllah cantiknya. Jd kalo mau capture view yg oke wajib naek cable car ya! Perjalanannya sekitar 20-30menit sampai ke FACV.

Nah, FACV ini adalah theme park yg isinya kebudayaan dan rumah2 adat suku2 bangsa Taiwan. Jadi kaya TMII gitu lah, tapi kebudayaan masyarakatnya yg sekarang udah membaur, jd ini bener2 cerita moyang2nya bangsa Taiwan. Formosa itu nama pulau di mana negara Taiwan berdiri, kalo ga salah penemunya orang Portugis, Formosa itu artinya indah/cantik, ila formosa= pulau yg indah/cantik.

Di FACV juga ada amusement park gitu, beberapa wahana spot jantung mirip Dufan, dan wahana bermain anak2 under age yg ada di indoor. Ada juga taman bunga luas yg cantik dengan tema beda2 tiap musimnya di European Garden.

BTW, tiket FACV kalo dibeli secara terpisah dari kupon wisata itu 650NT belum termasuk cable car, worth to pay kan kalo pake kupon...

Seru2an di FACV sampe siang, kami mampir ke tempat makan yg menyediakan menu HALAL di Maya Restaurant. Lokasinya dekat dengan wahana roller coasternya, makan di resto cantik sambil denger historia orang2 yg naek wahana 😄😄😄


1 comment:

  1. Mom, soal bus dari taichung ke sun moon lakenya apakah bawa koper gede ga masalah?

    ReplyDelete