Thursday, March 8, 2018

Mengurus ARC Anak2


Pardon me ya karena masih norak tinggal di sini!
Kemarin waktu mau proses bikin kartu ID versi Taiwan, anak2 diwajibkan punya "baby book". Yang terbayang saat itu bagi saya adalah semacem booklet KMS ala Posyandu atau paling banter buku KIA 25ribuan dari rumah sakit.

Ternyata pas megang agak amazing juga, karena berat dan tebelnya mengingatkan saya pada buku2 teori jaman kuliahan dulu 😁
Alhamdulillah bukunya dicetak dlm 2 bahasa,  Mandarin dan Inggris. Jadi bisa saya baca hehehe...
belakangan baru tahu kalo ternyata mereka punya buku catatan kesehatan berbahasa Indonesia di sini. TERHARUUUUUU.... 😢😢😢

Iseng2 bolak-balik halaman buku ini. Cuma pengen bilang kalo buku GRATISAN ini kereeeen!!!
Informasi tentang bayi sampe anak2 dimuat secara komprehensif, halah...bahasanya!
Iya, lengkap, detail tp mudah dipahami.

Yang sangat menarik perhatian saya di halaman depan di bagian pengantarnya yang jd poin pertama adalah tentang jenis kelamin si anak. "We should love boys and girls equally". Satu poin tersendiri khusus buat memberi pemahaman bahwa hari gini udah ga jaman mendiskriminasikan gender tertentu. Keren ya!
Baru kemudian poin kedua tentang pentingnya ASI.

Bukan cuma penanganan bayi baru lahir, imunisasi, grafik tumbang anak, kolom berat dan tinggi badan aja. Di sini juga memuat informasi bagaimana si ibu agar jauh dr baby blues, dibahas juga bagaimana cara si bapak baru harus beradaptasi dgn bayi, dgn kesibukan kantor dan tetep ikut punya andil dlm merawat bayi. Parent's psychological adjustment, syukaaaaak!

Dibahas juga bagaimana ibu dgn 2 anak, bagaimana cara biar rileks ngerawat anak, istilah mahmud sekarang, "menjaga kewarasan" ya mak?!

Harusnya saya nemu buku ini pas masih hamil anak pertama, masih cupu dan ga tau harus nyari info kemana selain bisikan mitos yg beredar tiap hari. Selain menanti seseorang membagikan halaman tentang hamil dan seluk-beluk perawatan bayi. Selain jalan jauh2 nyari buku di Gramed trus stoknya kosong, lalu beli majalah mahal2. Atau googling dengan random. Atau tanya2 based on pengalaman orang lain aja.

Buku ini dibagikan gratis kepada si ibu, si ibu ga perlu repot2 join grup ABC sampe Z buat nyari info. Di sini juga dicantumkan pihak2 mana yg harus dihubungi ketika si ibu galau sama kondisi anaknya. Ketika si anak mengalami keterlambatan ini itu.
Ah, pokoknya saya cinta sama buku ini dan pengen banget semua ibu baru, trutama, bisa ikutan baca tanpa galau2 lagi.
Pokoknya mengedukasi banget isinya, ga ada sisipan iklan obat, vitamin atau sufor juga loh di dalemnya... *uuppps!

Ada tips2 tentang toilet training, persiapan menjelang masuk sekolah, dll.
Maaaaaap sekali saya norak. Saya hanya berharap buku "semacam ini" bisa juga dibaca sama rakyat kalangan mana pun di Indonesia. Jadi semua sadar pentingnya menjaga kesehatan anak. Kan katanya anak itu investasi terbesar dlm hidup, yg fase tumbuh kembangnya ga akan terulang, gitu kan!

Syudah dulu ya, saya mau lanjutin proses pengajuan ARC bersama berkas2 lain 😉

No comments:

Post a Comment