Friday, April 6, 2018

Sun Moon Lake Trip (Part 2)

Entah kenapa foto2 yg saya posting di blogger versi mobile itu ga keaplot sama sekali di tampilan PC. Jujur udah lamaaaaa banget ga pegang PC, terakhir jaman kerja hahaha... 2-3 taunan lalu.

Cusss ah lanjut crita, poto menyusul.

Hari ke 2
Setelah mengeksplor bagian "atas", hari kedua kami akan fokus ke objek wisata sekeliling danau cantik ini dan jalan pulang ke Taipei lagi.

Jadi selesai sarapan, kami langsung cek out dari hotel, lanjut naek boat menyebrangi danau dari Ita Thao ke Shuishe, kebetulan cuma bawa 1 koper sedang aja, satu backpack, dan satu tas cantik favorit saya buat bawa barang2 penting. Si bayik di stroller dan kakaknya lari sendiri 😁, kesimpulannya kami ga ribet.

Karena saat itu belum termasuk hari libur nasional Taiwan, tempat2 wisata yg kami kunjungi masih sepi, asik buat foto2 😁 dan tempat sovenir jg ga berjubel. Alhasil, saya bisa nego harga sama yg jual. Disitulah pertama kalinya saya nawar pake bahasa mandarin ala kadarnya, hasil les 2 bulan plus nanya2 suami. Dari total harga 500NTD jadi 350NT, yeaaaay!!!
Karena biasanya orang dagang di sini slalu pasang tulisan harga barangnya dan kesannya jd ga boleh ditawar 😁

Oke, lanjut ke boat. Tiket boat sudah sepaket dgn kupon wisata yg kami beli di Visitor Center di Taichung. Kami nambah 200NT utk 2 anak. Belinya dimana? di Visitor Center di Shuishe. Jadi kira2 rutenya Taipei -HSR ke Taichung-Bus ke Shuishe-Bus/Boat ke Ita Thao, perjalanan pulang pun rutenya tinggal dibalik aja. Btw di Ita Thao jg ada loket2 yg jual tiket boat.

Sampai di Shuishe, kami lanjut main sepeda keliling danau. Awalnya pengen nitipin koper dan barang2 lain di loker yg disediakan di visitor center, biaya 100NT. Tp ternyata abang2 yg jaga penyewaan sepeda menawarkan utk dititip ke dia aja, free, dan deseu bisa dipercaya karena ada CCTV di sampingnya. Nah, itulah enaknya Taiwan, CCTV dimana2, jd orang mau aneh2 juga mikir. Maling aja cepet banget ketangkepnya di sini. Coba kalo orang2 percaya bahwa Tuhan itu melihat kita lebih dari CCTV, pasti mau bikin dosa jg mikir2, eaaaa...apadeh!

Intinya kami puaaaas banget sepedaan, kupon wisata yg kami beli itu berisi bonus rental 1 jam utk sewa sepeda 2 jam, penyewaan minimal adalah 2 jam. Dan jenis sepedanya macem2, merknya pun macem2. Saya yg bawa bayi dan notabene males gowes apalagi kalo nanjak, saya pilih sepeda listrik, kaya apa bentuknya cek IG saya @evianarahma enaknya bawa bayi karena di bagian depan ada tempat duduk anak2 gitu, si bayik jadi anteng ketiup2 angin sambil sepedaan, endingnya harus saya gendong karena bobo 😁
Sewa sepeda listriknya per 2 jam 300NT, dan karena kami dapet free 1 jam jadi dipuas2in 3jam menyusuri pinggir danau, jalur sepedanya dibuat dari kayu2 gitu loh, lucu deh! Dan yg lebih seru lagi tiap papasan sama kelompok anak2 SD yg lagi liburan, mereka akan menyapa "hi" atau "ni hao" rame2.. serasa arteys dangdut mendadak nih, wkwkwk!

Kami bersepeda ke arah Xiangshan, sisi lain danau, ada gedung visitor center di sana. Dan lagi2 yg bikin haru adalah nemu toilet muslim friendly dan mushola dong! Aaaahhh makin cinta sama tempat ini...
Selama bersepeda dari Shuishe ke Xiangshan banyaaaaak banget spot cantik utk diabadikan, termasuk di bangunan Xiangshan Visitor Center itu sendiri.

Puas cekrek2, kami kembali ke arah Shuishe lagi utk balikin sepeda. Jarak Shuishe-Xiangshan kalo kata babang tukang sepeda sih sekitar 4km PP. Mayan kan!
Selesai balikin sepeda, sekitar jam2 siang kami makan dulu, biar ga mabok kalo naek bis ke arah Taichung. Perjalanan bis makan waktu sekitar 1,5-2jam. Dan alhamdulillah bisa ontime nunggu HSR utk balik ke Taipei. View di tolnya juga bagus, jadi mata dimanjakan dengan pemandangan alam dan lancar tanpa macet 😁

Demikian cerita perjalanan saya dan keluarga kecil rempong saya, semoga menginspirasi buat yg mau jalan2.

Berikut link yg saya pakai utk cari2 info perjalanan ke Sun Moon Lake:

https://www.sunmoonlake.gov.tw/English/#1

http://www.ntbus.com.tw/en-p-1.html

https://youtu.be/hefVL-lRqUg

https://www.sunmoonlake.gov.tw/English/TourInformationEng/TourGuideEng/MuslimRestaurant.htm

No comments:

Post a Comment