Friday, April 13, 2018

Hari-Hari Pertama Di Taiwan

Ini sebenernya jadi beneran flash back alurnya, mohon maap yak!

Jadi, ketika anda sampe di negara orang, anda tidak bisa serta-merta idup nyaman. Adaptasi pasti ada kan, nah berikut saya mau cerita bagaimana emak2 menghadapi hari2 pertama kehidupan di negri orang.

Hari Keberangkatan Kami
Pertama kali kami berangkat full team dari Depok-Taipei, saya, suami, dan 2 anak, usia 4 tahun dan 8 bulan. Ada cerita saya berangkat cuma bertiga sama anak2 dan cukup menantang hahaha...
Oke lanjut, book tiket China Airlines via traveloka utk 3 seat, bayi saya pangku. Direct flight selama kurleb 6jam. Berangkat lepas maghrib dan sampe Taipei tengah malam.

Dari Depok-Soetta pake taksi online. Dua koper paling besar, 1 koper sedang, 1 stroller lipet pockit, 2 backpack, 1 goodiebag perintilan.

Maskapai tertentu tidak membolehkan anda membawa makanan dari luar, tp Air Asia bisa2 aja 😁. Jadi kami cuma bawa air dan cemilan anak2, itu pun ga banyak. Kalo masih ngeyel, nanti sama petugas bandara disuruh buang, sayang kan... Susu UHT si kakak pun terpaksa ditenggak ditempat biar ga mubadzir 😁

Untuk makan di pesawat, karena berangkat dari Indonesia, alhamdulillah makanan yg dijual bersertifikat halal. Jadi bisa makan dengan agak tenang, emak2 bawa bayi ga mungkin ya makan 100% tenang. Riweuh dikit lah...

Sampe Bandara Taoyuan, kami dijemput temen adek saya dgn mobil pribadinya ke rumah sewa yg sudah kami book via Airbnb. Kebetulan doi buka jasa carter mobil gitu. Kami bayar 1000NT. Kontaknya bisa invite fb: Yusuf Priambodo.
Btw di dekat Bandara Taoyuan katanya ada tempat makan halal, tapi kalo landingnya kemaleman ya tutup sih warungnya, hehe...

Sesampainya di Taipei
Capek, pusing, jetlag pasti ada, jangan lupa utamakan kesehatan. Karna kalo ga sehat malah makin repot kan...

Hal2 yg saya lakukan keesokan harinya:
1. Adaptasi dengan lingkungan sekitar, cari convenience store terdekat, pasar, klinik, tempat ibadah atau pusat aktivitas lainnya.
Sering2 belajar baca google map ya ibu2, wanita adalah makhluk yg lumayan lemah dalam membaca map 😄😄😄. Jadi mulai dipelajari cara pake google map yg maksimal, bukan cuma phone-nya yg harus smart, yg pake juga jangan gegayaan doang 😁

Oiya, saya sendiri lebih nyaman belanja ke supermarket (PX Mart) atau mini market (sevel, family mart) karena ga bisa berkomunikasi dgn bahasa cina. Dan kalo udah liat harga, plis ya jangan diconvert ke rupiah, bisa kejang2 seketika kalo liat kangkung seiket 15rebu!

FYI, minimarket di sini membuka bermacam jasa loh, isi pulsa, fotokopi, bayar tiket ini itu, bayar tagihan ini itu, sampai ekspedisi pengiriman barang juga. Komplit abeeeesss.... semua pakai mesin, duh makin katrok aja deh saya!

Di sini plastik belanjaan berbayar ya, 1 NT untuk yg sedang, 2 NT utk yg besar, so kalo bisa belanja bawa tentengan sendiri atau troli belanja seperti saya. Troli belanja bisa dicari di toko kelontong atau di pasar malam. Harganya variatif 400-600NT tergantung kapasitas dan model rodanya.

2. Beresin dokumen2 yg udah kluar-masuk selama perjalanan, jangan sampe pada hilang atau terselip

3. Siap2 ganti simcard HP. Demi kelancaran komunikasi cucu2 dengan eyangnya, wajib dong yes ganti kartu buat tilpunan atau Vcall. Kalo anda menginap di tempat2 yg sudah menyediakan koneksi wifi sih ga masalah, tapi sekali kluar rumah langsung putus komunikasinya 😁

Di Bandara Taoyuan sebetulnya disediakan tempat pembelian simcard dengan bermacam2 provider. Cukup siapkan paspor anda, wajah anda akan difoto sebagai bukti registrasi. Ga maen2 kan...
Atau anda bisa cari konter2 yg jualan HP gitu di pinggir2 jalan, trus tanya mereka utk pembelian simcard, tetep ya bawa paspor dan siap2 dipoto. Di sini harga starter pack semua provider adalah sama, hahaha jd ga kaya di Indonesia yg heboh saingan banting2 harga.

FYI, provider yg well-trusted di sini adalah Chunghwa, tapi saya coba beberapa simcard pun sinyal dan kecepatan koneksi datanya sama2 oke. Paling kalo cuaca lagi agak mendung garis sinyalnya turun satu, hehe... So far blom pernah kecewa sama kecepatan internet di sini. Bahkan wifi gretongannya aja bikin sorak-sorai lah, cepet banget!

Pertama kali saya nyoba pake Fareastone. Perdana saya beli di counter di daerah Taipei Arena, harganya 500 NT, registrasi pake paspor karna waktu itu ARC blm jadi. Include pulsa yg kemudian di registrasikan lagi kalo mau pake internetnya, 350NT utk 2GB. Isi ulangnya di Sevel/Family mart terdekat.

Lalu saya jg sempet nyoba pake Kartu As Ultima. Waktu itu perdananya dibagi2 gratis sama temen2 ngaji di masjid. Utk harga paket inetnya sama. Nah kalo kartu As ini hasil kerjasama Telkom sama prpvider Taiwan. Satu kartu bisa punya 2 nomer, nomer Taiwan ketika kita di Taiwan dan pas balik ke indonesia bisa pake nomer As gitu. Tp sayangnya ga bs diisi pulsa dari Indonesia hehe...

4. Persiapan dokumen2 untuk mengajukan ARC sebelum anda tinggal di Taiwan 14 hari (khusus untuk yg mau menetap) *silahkan baca tulisan saya tentang ARC
Jangan lupa! Selama anda belum memiliki ARC, selalu bawa Paspor atau kopiannya kemana pun pergi, sebagai identitas resmi biar ga dikira imigran gelap, kecuali kulitnya udah gelap, apaseeeh...

5. Persiapkan plastik sampah khusus

Di Taiwan, kita ga akan menemukan tong sampah di banyak tempat. Langkaaaa banget deh, jd kalo pas jalan trus kita menghasilkan sampah, simpen ya sampe pulang ke rumah.
Garbage collection di sini menggunakan cara khusus, yaitu Truk sampah yg bernyanyi. Jadi jam2 tertentu, akan ada truk sampah warna kuning yg lewat dengan lagu2 khas. Saat itulah orang2 berbondong2 buang sampah ke truk itu. Plastik sampah yg dipakai masyarakat ga sembarangan, warnanya biru, ada stiker hologramnya, ukurannya bermacam2, dan berbayar.

Plastik sampah ini bisa dibeli di Sevel. Jadi ga sembarang plastik yg bisa masuk ke truk sampah. Sampahnya pun harus dipilah2, kasarnya antara yg recycled dan non-recycled.
Penjelasan detailnya kapan2 saya tulis deh, hahaha kebanyakan janji.

Oiya lupa, ada kartu yg dipake sebagai e-money gitu. Sebutan umumnya adalah YOYO card. Bisa dibeli di visitor center, stasiun MRT, atau mungkin mini market juga ada, belom pernah beli soalnya, pake punya si ade yg dulu kuliah di sini.

Yoyo card ini gunanya buat bayar kalo kita naik transportasi umum atau masuk ke tempat wisata, buat bayar belanjaan juga bisa asal diisi saldonya. Saya biasa isi saldo di stasiun MRT deket rumah.

Yang jelas, untuk Yoyo card yg terintegrasi dgn kartu pelajar/mahasiswa biasanya ada diskon gitu, lumayan lah, makin irit. 😉