Thursday, April 12, 2018

Tentang Taiwan

Agak telat ya kalo saya baru ngomongin tentang Taiwan sekarang. Sebenernya biar lebih dapet feel-nya dulu baru bikin hipotesis kalo kata anak skripsi mah.
Beginilah randomnya pikiran emak2 beranak dua, hahaha...

Secara umum Taiwan adalah negara yang bisa dikatakan perekonomiannya lebih maju daripada Indonesia. Buktinya kurs mata uang Taiwan lebih oke daripada Rupiah. Tapi kalo suruh ngeluarin data statistika mah saya nyerah deh, googling aja sendiri ya sodara2...

Kurs

Nah, dimulai dari kurs ya. Mata uang Taiwan adalah NTD (National Taiwan Dollar) atau NT$. Saat saya berada di Taiwan ini, Rp 1 = 470 NTD, dan naik turun ga jauh dari angka itu. Kadang kalo belanja biar gampang saya bandingin ke Rupiahnya dikalikan 500 aja 😃
Tapi perlu diingat, kesalahan fatal yg sering dilakukan orang yg baru datang ke negara lain adalah mengkonversikan harga barang ke rupiah, eh ini sih mayoritas wanita deh kayanya yang kaya gini...

Jadi ya, kakak, adek, tante, mbak, kalo keseringan ngebandingin itu ga sehat, nyampe2 kita udah stres duluan ama harga yg selalu anda konversikan ke rupiah, saran saya, kalo lagi di supermarket pilihlah harga termurah yg anda lihat di rak. kalo mau banding2in terus, kelar waktu lo buat itung2an doang, hahaha...

Penduduk

Tidak seperti yang saya bayangkan di awal, bahwa orang Taiwan itu bakalan sipit semua. Ternyata enggak juga, ada yang sipit banget, rambut lurus, badan juga kurus, tapi ada juga yg matanya belo, kulitnya udah kecoklatan, rambutnya keriting, karena ternyata moyangnya orang Taiwan itu ya macem2 bentuknya. Pernah suami saya yang mukanya jelas2 jawa kalo buat saya, dikira orang Taiwan, karena seperti saya bilang, posturnya variatif.

Kalo denger2 cerita dari temen2 yg ngampus, *ngga valid banget datanya, jadi ada korelasi antara nenek moyang bangsa Taiwan dengan nenek moyang orang Indonesia. Saya sendiri merasakan kemiripan suku2 aborigin Taiwan dengan Suku Dayak atau Nias di Indonesia ketika main ke Formosan Aborigin Culture Village di dekat Sun Moon Lake. (Bisa baca pembahasan tentang Sun Moon Lake)

Bahasa

Mayoritas penduduk menggunakan bahasa mandarin traditional, yg katanya sedikit berbeda dengan China Mainland yang menggunakan mandarin simplified. Di pusat kotanya mungkin akan lebih mudah menemukan orang yang bisa berbahasa Inggris, daripada di pinggiran atau luar kota. 

Sekedar cerita, awal datang ke Taipei kami tinggal di Yonghe, New Taipei City, jadi macem urban areanya lah. Maen2 ke Seven Eleven (Sevel) trus nyari Yakult karena si dede agak susah BABnya, nanya lah ke seseembaknya yg lagi ngepel2, "i'm looking for Yakult... yogurt..." sambil ngasih isyarat minum gitu. Trus mbaknya cuma bilang "no..no..no..." sambil lanjut ngepel lagi. Eh pas liat, ternyata si rak Yakult itu ada di samping doi dong!
*wakwaaawwwww*

Jadi ternyata si embaknya ga paham bahasa inggris, trus di sini juga Yakult itu dibaca dengan YAKUTA sodara2... Hayati mah gapapa, buat pengalaman ajah!

Karena mayoritas penduduknya berbahasa Mandarin, ada baiknya buat yg akan menetap di sini nemenin laki seperti saya ini belajar dulu bahasa mandarin di Indonesia. Suami saya sempat belajar 3 bulan pas di Bandung, dan zonk ajah, sampe sini tetep wae ga bisa ngomongnya hahahaha...  Saya sendiri sedang mengisi waktu belajar mandarin setiap hari minggu bersama mbak2 dan mas2 TKI di sini. Nanti ya saya ceritanya...

Bahasa mandarin itu khas, tapi belajarnya juga ga susah kalo diniatkan. yang bikin rempong adalah nada bicara, sama2 "shi" aja punya beberapa nada dan beberapa arti. Hehehe, ga heran kalo nonton film boboho itu ngomongnya emang nadanya naek turun. Kadang saya sendiri bingung lawan bicara itu lagi nanya, apa marah gitu hahaha... yang penting mimik mukanya. Tetep lah bahasa tubuh mah is the best!

Budaya dan Kebiasaan

Saya tinggal di Taipei, ibu kota negara Taiwan. Jadi saya hanya bisa mewakili apa yang saya lihat sehari-hari dari masyarakat Taipei aja. 
Secara umum masyarakat Taipei itu sopan, disiplin, ramah, baik, dan menghormati privasi orang lain, ngga kepoan gitu. Di MRT atau di bus, orang lebih memilih maen HP atau tidur, karena memandangi orang lain dengan pandangan tertentu bisa dijadikan pasal pelecehan, apalagi nyolek ya kan... Dan ada tombol khusus untuk itu di dalam kendaraan umum. Entah sejak kapan budaya kaya gini diciptakan. 

Yang jelas ramah versi sini bukan model Indonesia yang tebar senyum gitu. Ramahnya dalam hal menyapa, memberi pertolongan, menunjukkan jalan, menawarkan diri untuk memfoto kami yg rempong dengan unyil2.

Disiplin karena meskipun ga ada tong sampah di pinggir jalan, orang2 tertib ga buang sampah atau ninggalin sampah dimana2. Disiplin karena rela antri mekipun cuma belanja di warung kecil. Disiplin karena pejalan kaki akan menunggu lampu hijau untuk nyebrang jalan meskipun ga ada kendaraan yg melintas. Kadang saya salut sama kepatuhan mereka pada aturan, ya bener sih ada CCTV dimana2 dan denda/hukuman di sini tegas. 

Lingkungan sini terbilang sangat aman, banyak orang yg seenak jidatnya ninggalin tas2 dan barang berharga dimana2, dan ga ilang sampe entah jaman kapan. Awal2 sampe sini saya paling gemes liat resleting tas yg pada kebuka, pemiliknya jalan aja santai, pernah sekali/dua kali saya ingetin orangnya, tapi ternyata yg kaya gitu banyak, dan pada ga kecopetan hahaha... Coba ya di Jakarta. Anak2 juga bebas main tanpa parno penculikan, saya sendiri pernah pulang malem bareng anak2 SD, mereka selesai ekskul gitu, pulang ke rumahnya pake MRT jam 21.30 tanpa didampingi ortu. And they feel fine...

Trus ga ada orang jahat di sini? Ya ada, kalo ga Pak Polisi itu tugasnya apa dong? hehe...
Tetep ada berita orang kecopetan, tapi trus copetnya langsung ketangkep dong, as i said, CCTV dimana2, kecuali di toilet. Mereka memberi jaminan gedeeee banget posternya, bahwa toilet aman dari kamera2 tersembunyi oknum2 iseng.

BTW, lucunya saking negara ini ga gonjang-ganjing amat kaya negara sendiri, isi beritanya kadang rada ga penting. Orang pacaran trus berantem, jadi bahan berita. Kunci mobil ketinggalan di dalem mobil trus kekunci dari luar juga jadi berita. Orang keserempet gitu brantem, jadi berita... Ya meskipun ada juga sih berita politiknya, sayangnya saya ga ngerti bahasanya hahaha....

Tapi tetep ya, jaga diri dan keluarga itu perlu, kapan pun di mana pun. Orang baik dan jahat itu tetep ada.

Sarana dan Angkutan Umum

Taiwan adalah negara ramah pejalan kaki, sepeda dan penyandang disabilitas. Saya salut dengan porsi trotoar dan jalur sepeda yg lebarnya hampir 1 lajur jalan raya. Dimana2 akses untuk kursi roda (dan stroller) selalu ada. Bisa dibilang kita ga perlu lah lipet stroller untuk ngapa2in, no wonder orang2 sini pake stroller yang gedenya ampun2an. Itu loh, stroller yg harganya sama ama motor matic ABG... atau stroller tandem kiri-kanan, depan-blakang. Emang ada? ada dong! Makanya jalan2... hahaha...

Jadi untuk pengguna kursi roda dan stroller, kalo naek bus kota, akan ada perlakuan khusus. Misalnya, posisi busnya dimiringkan, biar stroller gampang naeknya, atau ada papan khusus yg akan keluar dari arah pintu bus ke trotoar utk menjembatani kursi roda. Sumprit pas pertama liat saya dan anak2 norak deh! *jadi malu, katrok!

Oiya, bus kota di Taiwan itu tergolong ngebut2 loh sodara2, jadi kalo udah naek ya kudu pegangan erat2 kaya balonku, halah. Sarana transportasi sehari2 yang nyaman ya MRT, tapi untuk jam2 sibuk MRT penuh juga. Enaknya itu, orang2 tertib antri saat mau masuk, ya sesekali ada lah yg agak2 nyeleneh dan ga mau antri, biasanya kakek/nenek. Tapi itu pun 1:10 lah...

Saking terintegrasinya sistem transportasi di sini, mau ke ujung Taipei pun rasanya deket banget dan cepet. No macetos!
Taipei yang sekarang sering disebut sebagai "New age of Taipei" karena sebelumnya ternyata ada "Dark age"nya juga. Macem game aja. Dark age itu dimana tata kota masih semrawut, amburadul dan jalanan macet juga, mungkin mirip Jakarta lah. Sebelum ada MRT. Dan ternyata MRT ini sangat membantu mobilitas masyarakat Taipei dan sekitarnya.

Itu dulu ya, ngos-ngosan juga ngetiknya...

No comments:

Post a Comment