Saturday, May 19, 2018

Taiwan: A Muslim Friendly Country

Sekali-kali judulnya pake bahasa inggris yes, biar keren.
Yup, sejauh yang saya dan teman2 muslim rasakan di sini, bahwa Taiwan adalah negara yg cukup ramah pada pemeluk islam. 

Hampir 10 bulan saya dan keluarga tinggal di Taipei, dan so far kami merasa sangat nyaman di sini.


1. Se-friendly apa Taiwan untuk muslim?

Negara ini memberi kebebasan pada setiap penduduknya. Kalo ditanya agama mayoritas, menurut wikipedia sih Budha. Islam sendiri termasuk minoritas di sini, mungkin sekitar 0,2% saja, dan sebagian besar didominasi oleh mbak2 dan mas2 TKI pendatang dari Indonesia.
Tapi tidak pernah ada larangan orang untuk beribadah sejauh yg saya tau. Dan konflik pendirian tempat ibadah juga minim. Yang jelas belum ada cerita muslim lagi sholat trus diusir, hehe... justru yg pernah saya dengar adalah temen dikasih akses VIP room ketika lapor ke sekuriti gedung bahwa dia pengen sholat.


2. Susah ga cari makanan halal di sana?

Di sini sebetulnya banyak toko dan restoran Indonesia dan Timur tengah yg menyajikan makanan halal. Ya kalo dibandingin sama indonesia jelas kalah jauh, tapi ada beberapa alternatif makanan yg tidak bersertifikat halal tapi sebetulnya saat di-scan pake google translate komposisinya "aman". Anda bisa coba aplikasi "Halal.TW" untuk mendapat banyak informasi tentang makanan halal, tempat ibadah dan hotel yg muslim friendly di Taiwan. Setau saya sebagian tim pendirinya adalah mahasiswa2 Indonesia. Bagi saya mereka memberikan kontribusi yg keren untuk agamanya.

Atau anda bisa belanja sendiri bahan2 makanan di beberapa minimarket seperti PX Mart. Sayuran dan buahnya lengkap dan ga perlu pake nawar hehehe...

Saran saya aktifkan google translate bahasa mandarin supaya gampang menterjemahkan bahasa2 yg tidak anda pahami.

Opsi terakhir adalah restoran vegetarian. Penganut Budha biasanya makan vegetarian, bahkan di beberapa resto fastfood ternama pun ada menu vegetariannya.

3. Belakangan makin banyak tempat sholat di ruang publik
Bandara Taoyuan sekarang memiliki tempat sholat. Begitu jg dengan beberapa stasiun, museum bahkan lokasi wisata. Alhamdulillah kan... ya intinya rajin2 nanya Google atau petugas setempat. Berikut beberapa tempat sholat yg pernah saya kunjungi selama di Taiwan:
- Taipei Grand Mosque, ini skala terbesar
- Taipei

4. Halal Food Festival
Selama saya di Taipei (kurang dr setahun), saya sudah mengalami 4x pameran produk halal yg diadakan oleh beberapa organisasi islam, antara lain CMA (Chinese Muslim Asosiation), FORMMIT (Forum Silaturahmi Mahasiswa Muslim Indonesia Taiwan), dan satu lagi kalo ga salah dari Masjid Besar (TGM).
Nah biasanya dlm setiap pameran, acaranya bukan hanya jual2an makanan halal aja, tp juga memperkenalkan Islam ke masyarakat Taiwan. Misalnya mengajarkan mereka bagaimana memakai jilbab atau seni kaligrafi arab dan ternyata banyak banget yg tertarik.




No comments:

Post a Comment